Visi :
“Terwujudnya SMANSA Gemilang”
Indikator Gemilang
Generasi Emas:
- Mewujudkan karakter peserta didik yang unggul dalam IPTEK dan IMTAQ agar mampu bersaing dalam era globalisasi.
- Menumbuhkan karakter peserta didik yang menjujung tinggi nilai Pancasila.
- Mewujudkan generasi yang memiliki kepribadian dan serta generasi yang peka terhadap lingkungan sosial.
- Memiliki kompetensi keterampilan sikap (attitude) baik spiritual maupun sosial.
- Memiliki komponen keterampilan (skill) yang meliputi sikap kreatif, inovatif, dan entrepreneur.
- Memiliki kompetensi pengetahuan yang didukung wawasan global serta pantang menyerah disegala kondisi.
Insan Cemerlang:
- Mewujudkan insan cemerlang dalam prestasi akademik dan non akademik.
- Memiliki jiwa kepemimpinan yang jujur berani dan bertanggung jawab.
- Memiliki apresiasi terhadap keunggulan lokal melalui pengembangan pendidikan berbasis kearifan lokal.
- Mewujudkan insan yang berbudaya nasional dan berkebhinekaan global serta berwawasan lingkungan hidup.
- Mengembangkan insan yang tangguh secara fisik dan mental, kompetitif dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan
MISI
Untuk mewujudkan visi, sekolah memiliki misi-misi sebagai berikut:
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dengan pendekatan saintifik.
- Memanfaatkan perpustakaan dan laboratorium sebagai sarana peningkatan kualitas belajar.
- Menumbuhkembangkan bakat, minat, dan potensi peserta didik untuk meraih prestasi secara global.
- Menanamkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan ajaran masing-masing agama.
- Mengembangkan sikap menghormati dan bekerja sama antar pemeluk agama yang berbeda.
- Membangun karakter dan wawasan kebangsaan peserta didik yang menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI.
- Menumbuhkankembangkan budi pekerti, tata krama dalam pergaulan sehingga menjadi pribadi yang berkarakter 8S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Sabar, Sujud, Syukur).
- Menciptakan hubungan tata kerja dan suasana belajar yang kondusif, harmonis, profesional yang dilandasi semangat persaudaraan dan kekeluargaan.
- Menumbuhkan budaya literasi di lingkungan sekolah.
- Menumbuhkankembangkan kecintaan terhadap lingkungan dan alam sekitar.
- Berpartisipasi dalam menciptakan keharmonisan lingkungan sekolah.
- Menumbuhkan semangat keunggulan dan persaingan yang sehat dalam memperoleh prestasi terbaik kepada seluruh warga sekolah.
- Mewujudkan sekolah yang mempunyai keunggulan akademik di bidang seni, sains, matematika, bahasa dan ilmu sosial sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di perguruan tinggi.
- Menumbuhkan penguasaaan TIK dan IPTEK untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
- Membentuk siswa kreatif, inovatif dan cerdas yang mampu bersaing di era milenial.
- Mengkondisikan terciptanya pendidikan yang berkeadilan dengan memperhatikan kesetaraan gender.TUJUAN
Adapun tujuan sekolah adalah sebagai berikut:
- Terwujudnya kompetensi peserta didik dalam berfikir kritis, situasional dan intelektual dalam memecahkan masalah.
- Tercapainya prestasi akademik dan non akademik peserta didik tingkat nasional.
- Terwujudnya sikap proaktif, berfikir positif dan kecerdasan emosional peserta didik.
- Terwujudnya budaya sekolah yang religius melalui kegiatan keagamaan sesuai ajaran agamanya dengan pelaksanaan ibadah harian, peringatan hari besar keagamaan dan pendalaman kitab suci.
- Terwujudnya perilaku peserta didik yang toleran, saling menghormati dan bekerjasama antar umat beragama.
- Terbentuknya sikap nasionalis dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
- Terbentuknya budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun, sabar, sujud dan syukur dalam pergaulan sehari-hari.
- Terciptanya hubungan tata kerja dan suasana belajar yang kondusif, harmonis, profesional, kekeluargaan di lingkungan sekolah.
- Terbentuknya peserta didik yang berbudi pekerti melalui pembudayaan literasi sekolah.
- Terbentuknya rasa cinta terhadap lingkungan.
- Terwujudnya lingkungan yang bersih, indah, nyaman dan asri.
- Terbentuknya sikap gigih dalam mencapai prestasi akademik dan non akademik.
- Tercapainya tingkat kelulusan peserta didik yang diterima pada Perguruan Tinggi favorit sebanyak 90%.
- Terbentuknya keterampilan dalam memanfaatkan IT & IPTEK di era industri 5.0.
- Terwujudnya peserta didik yang menjuarai kompetisi bidang akademik dan non akademik di Tingkat Nasional.
- Terciptanya kesempatan yang sama bagi peserta didik dalam meraih prestasi tanpa bias gender.